Jasa Tukang Kolam Ikan Koi Minimalis Di manado

Jasa Tukang Kolam Ikan Koi Minimalis Di manado SULAWESI UTARA




JASA KONTRAKTOR LANDSCAPE DI MANADO | TUKANG TAMAN MANADO | HARGA PEMBUATAN TAMAN DI MANADO | HARGA TAMAN DI MANADO | HARGA TAMAN MURAH DI MANADO | JASA PEMBUATAN LANSCAPE DI MANADO | JASA PEMBUATAN TAMAN DI MANADO

Selain mengerjakan kolam Ikan Koi Minimalis  kami juga menyediakan jasa sebagai berikut:



Jasa Pembuatan Kolam Minimalis:
Pembuatan Kolam Minimalis Manado | Tukang Kolam Minimalis Manado | Consultan Design Kolam Minimalis Manado | Kontraktor Taman Manado | Arsitek Taman Manado | Kolam Minimalis Terbaru Manado | jasa Batu Sikat | tukang Batu Sikat


DZIHAN ALAM akan mewujudkan impian anda, kami akan mengubah tampilan rumah anda dengan melakukan pemasangan kolam ikan koi minimalis di rumah anda.

kami akan menghadirkan nuansa alam dengan berbagai konsep kolam ikan koi - kolam koi minimalis terbaik yang mampu menimbulkan gemericik air yang seolah-olah akan membawa anda seperti berada di alam bebas.

Jasa kolam koi minimalis di manado mengerjakan pembuatan kolam ikan koi  berkualitas ,kami memiliki keahlian dalam mendesain kolam serta mengerjakan pembuatan kolam ikan koi minimalis sehingga kolam koi yang di kerjakan selalu memiliki kualitas yang tinggi , jangan khawatir soal harga karena harga pembuatan kolam minimalis di kota manado dan sekitarnya   sangat terjangkau bagi setiap kalangan.




Sebuah rumah dengan taman di halamannya akan terasa sangat menyenangkan, apalagi jika rumah tersebut berada di pusat kota yang sibuk dan berisik. Dengan memiliki taman kecil dan kolam ikan koi di rumah, dapat membuat anda merasa lebih rileks dan nyaman. Anda juga bisa menghabiskan waktu di taman dan kolam koi di kala libur dengan menghias taman,dan bermain dengan ikan koi anda.

Kolam Ikan Koi merupakan salah satu aksesoris dari taman rumah, ikan koi merupakan salah satu ikan yang di percayai membawa keberuntungan juga ketenangan. Pembuatan kolam ikan koi biasanya bernuanPembuatan kolam ikan koi saat ini di dominasi dengan model kolam ikan koi minimalis seiring dengan berkembangnya rumah tipe minimalis. Pembuatan Kolam ikan koi dibentuk lebih sederhana seperti geometris atau persegi tetapi tetap melibatkan unsur alami seperti batu-batuan tadi.sa alami dengan unsur batu coral, batu kali juga ornamen batu-batuan atau patung-patungan.



Dalam pembuatan kolam koi memerlukan tenaga berpengalaman agar ikan dapat menyesuaikan habitatnya di kolam ikan.
Berikut beberapa aspek yang perlu diprhatikan dalam pembuatan kolam:

System Filtrasi yang Baik dan Benar.
Tujuanya adalah agar air dapat mengikat oksigen,sehingga ikan koi tidak stress.

Adanya pancuran

Adanya pancuran sangat mempengaruhi kehidupan ikan koi,karena ikan koi sangat menyukai pancuran karena terdapat banyak oksigen.

Kedalaman Kolam

Untuk kedalaman kolam ikan koi kami sarankan minimal adalah 70cm.dengan maksud agar ikan lebih leluasa dalam berpindah-pindah.

Pakan yang terpenuhi.

Kami sarankan untuk pemberian pakan sebaiknya pagi dan sore,karena kalau dikasih terus menerus ikan koi akan selalu makan namun tidak gesit dan hanya memperbanyak kotoranya saja

Sistem filter



Dua faktor penting yang diperlukan untuk membuat kolam ikan koi yang sehat, yaitu:

Sumber oksigen yang sehat, danFilter air untuk kebersihan air. Oksigen dapat dihasilkan dari pergerakan air. Kita bisa mengkondisikan aliran air, misalnya membuat air terjun kecil, pancuran, atau apa saja yang menghasilkan riak kecil pada kolam.

Umumnya, filter air pada kolam ikan terdiri dari filter mekanik dan filter biologis.


Filter mekanik

Bagian-bagian filter mekanik yang sering digunakan pada kolam ikan koi adalah:


  • Skimmers, adalah sistem filter yang berfungsi untuk membersihkan kotoranyang mengapung pada permukaan kolam.Pada prinsipnya, ia menggunakan aliran air di dalam kolam.

  • Bottom drain, lubang pembuangan air yang ada di dasar kolam.Berfungsi membersihkan kotoran yang ada di dasar kolam.

  • Vortex chamber, biasanya terhubung dengan bottom drain.Air dialirkan ke ruangan seperti tandon yang terbuka dengan terhubung dengan udara luar.

  • Ruang tandon vortex terletak sebelum air dialirkan ke filter biologis

  • Rotary drum filter, yaitu bagian yang menyaring kotoran secara langsung untuk dibuang secara langsung.


Filter biologis



Sistem filter mekanik itu penting, untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air. Tidak hanya itu, sistem filter juga harus menjamin kolam dari zat-zat kimia yang dapat membahayakan ikan koi.

Maka dalam hal ini, perlu dilakukan sistem filter biologis.



Pada intinya, cara kerja filter biologis adalah menghasilkan bakteri pengurai di dalam kolam secara lebih banyak dan terkonsentrasi pada suatu media yang disediakan. Media yang digunakan sebagai filter biologis bisa beragam, yang penting memiliki penampang yang cukup luas dan memiliki rongga yang sekecil mungkin.


desain kolam ikan yang bisa anda pakai sebagai inspirasi ketika ingin membuatnya di depan rumah atau dalam rumah. Beberapa desain di atas sangat minimalis dan tidak membutuhkan budget banyak : beberapa lagi di buat dari barang bekas, beberapa desain kolamnya rumit tetapi sebanding dengan tampilannya yang bisa memanjakan mata.

Jenis dan Fungsi Kolam Ikan Koi
Jenis kolam dibedakan berdasarkan bentuk dari kolam ikan koi,terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
  • persegi panjang
  • bujur sangkar
  • lingkaran
  • segitiga
1. Bentuk Persegi Panjang

Kolam berbentuk persegi panjang, umumnya sering kita temukan di masyarakat sebagai kolam pemeliharaan ikan tradisional. Kelebihannya terletak pada sirkulasi air dan penyediaan makanan alami untuk ikan, hal ini karena kolam berbentuk persegi panjang mempunyai pinggiran / sisi yang lebih banyak dibandingkan kolam berbentuk bujur sangkar. Makanan alami ikan (monia, daphnia) lebih banyak tumbuh di pinggiran kolam yang dangkal atau dalam bahasa Jawanya 'Cetek', dibandingkan dengan di tengah kolam yang relatif lebih dalam.

2. Bentuk Bujur Sangkar

Seperti telah dituliskan di atas, kolam berbentuk bujur sangkar ini mempunyai kelemahan dalam hal sirkulasi air dan penyediaan bahan makanan alami ikan. Kolam berbentuk bujur sangkar dapat dipilih sebagai alternatif terakhir karena adanya kelebihan tanah.

3. Bentuk Lingkaran / Bulat

Lima tahun yang lalu, kolam berbentuk bulat tidak lazim dibuat orang. Namun dengan adanya perkembangan budidaya ikan, di Jawa Barat telah dikembangkan kolam air deras yang berbentuk bulat. Kolam ini mempunyai pembuangan air poros di tengahnya. Kolam ikan koi seperti ini kapasitasnya biasanya lebih banyak dan dengan sirkulasi air serta pembuangan kotorannya lebih terjamin. Model kolam semacam ini seluruhannya terbentuk dari pasangan batu kali.

4. Bentuk Segitiga

Sama halnya dengan bentuk kolam yang bulat, kolam berbentuk segitiga biasanya juga terbuat dari pasangan batu kali.

Mendambakan Kolam ikan Koi, Tapi Bingung Harus Mulai Dari Mana?
Anda salah satu penggemar ikan hias, khususnya ikan koi? Bagi kalian penggemar ikan koi pastinya tidak akan bingung lagi untuk membuat sebuah kolam bagi koi-koi kesayanganmu. Tahukah anda bahwa kolam koi bisa mempercantik desain rumahmu?


Kehadiran kolam ikan koi menjadikan rumah anda tampil lebih cantik dan asri. Apalagi jika kolam ikan koi ditambahkan dengan kehadiran berbagai tanaman hijau di sekitar dinding atau model air mancur (water wall) yang dapat membuat mata tertarik untuk melihat kolam koi di halaman rumah. Itulah yang membuat pembuatan kolam koi lebih diminati daripada pembuatan akuarium bagi sebagian orang.

Bagi kalian pemula tentu akan kebingungan dengan proses pembuatan kolam koi. Apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam koi? Bagaimana kolam koi yang aman dan menjamin kesehatan serta tumbuh kembang bagi koi-koi cantik? Kita simak yuk langkah-langkah berikut:

perlu diperhatikan dalam membuat kolam koi :


Memelihara ikan koi memiliki banyak keuntungan, tapi tidak mudah untuk memelihara ikan koi yang dipercaya berasal dari Jepang ini, karena kualitas air kolam koi harus selalu terjaga. Hal ini berhubungan dengan desain dan cara pembuatan kolam koi yang baik. Ikan koi harus ditempatkan di kolam yang besar. Untuk kebutuhan airnya, setiap satu inci ikan berbanding dengan 10 galon air. Hal ini bukan tidak beralasan. Ikan koi akan hidup lama jika berada pada tempat yang airnya terjaga kebersihan dan kualitasnya.


Selain volume air, perlu juga memperhatian pH air kolam koi. Lakukan pengecekan pH air sebelum dan sesudah ikan dimasukkan. Khusus untuk ikan koi pH sekitar 7 merupakan pH yang ideal. Jika pH lebih tinggi dari 7 maka bahaya racun amonia akan semakin rentan terhadap koi. Sementara pH juga dapat anjlok ke 5.5 sebagai akibat aktifitas dari ikan, tanaman dan bakteri. Tentu saja hal ini sangat berbahaya bagi koi.

Besarnya kolam ikan koi sebaiknya disesuaikan dengan kepadatan atau jumlah ikannya. Selain itu, pembuatan saluran pembuangan kolam koi juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Normalnya, pembersihan kolam koi dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Pemilihan lokasi pembuatan kolam koi mempengaruhi kesehatan koi
Bukan hanya desain kolam ikan di rumah saja hal yang perlu diperhatikan, lihat juga apa kolam tersebut akan dibuat di dalam atau luar ruangan, karena hal ini mempengaruhi sinar matahari yang akan diterima oleh si ikan hias tersebut. Kolam koi sebaiknya mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tidak terlalu panas, tapi tidak juga terlalu lembab dan tidak terkena cahaya matahari.


Pencahayaan yang baik pada kolam koi memicu perkembangan maksimal dari koi peliharaanmu. Tapi, efek sampingnya adalah pertumbuhan ganggang atau lumut juga akan pesat sehingga tidak heran jika air kolam cepat berwarna hijau.

Lokasi Indoor Kolam Koi

Kolam koi di dalam ruangan pun harus diupayakan untuk terkena sinar matahari yang cukup. Koi membutuhkan hangatnya sinar matahari minimal tiga jam per hari. Kekurangan cahaya matahari bisa membuat warna pada tubuh koi memudar. Maka dari itu, ciptakan kolam yang cukup terang. Bila kolam ikan berada di dalam ruangan, maka kamu bisa menyinarinya dengan lampu pijar sebagai pengganti  matahari.

Perancangan desain kolam koi
Bentuk Kolam Koi

Ada tiga bentuk dasar kolam koi, yaitu persegi, lingkaran atau elips, dan bebas. Bentuk persegi bisa kamu aplikasikan jika kamu ingin menciptakan gaya kolam koi yang formal. Gaya ini cocok sebagai desain kolam ikan minimalis pada ruangan untuk keperluan resmi.

Sementara itu, kolam koi berbentuk lingkaran atau elips cocok untuk rumah bergaya elegan, mewah, tradisional, dan ruangan informal. Terakhir, untuk bentuk bebas, cocok diaplikasikan pada rumah wisata dan penginapan seperti vila dan hotel. Gaya bebas juga cocok untuk rumah dengan nuansa alami pedesaan dan tanah pekarangan rumah yang cukup luas.

Perancangan sistem filtrasi kolam koi

Tujuan dari sistem filtrasi kolam koi adalah mengupayakan agar oksigen dalam air kolam berada dalam jumlah yang cukup untuk kehidupan koi, karena oksigen sangat dibutuhkan untuk proses pencernaan koi. Sedangkan hasil dari pencernaan koi akan menghasilkan kotoran yang mengandung amonia dan bersifat racun bagi tubuh koi. Maka, sistem filtrasi selain untuk menghasilkan oksigen terus-menerus bagi koi, juga untuk membuang zat amonia yang berasal dari pencernaan koi.

Terdapat 2 jenis filter yang bisa kamu pilih untuk diterapkan pada kolam koi, yaitu filter mekanik dan filter biologis. Filter mekanik bekerja dengan cara mengalirkan air ke wadah yang di dalamnya terdapat media penyaring seperti  serbut, kerikil, pasir, saringan sieve, jap-matt, busa atau foam, kapas, atau bahan sikat.

Filter biologis bekerja melalui makhluk hidup lain yang menguraikan kotoran dalam kolam koi. Makhluk hidup yang dapat digunakan sebagai mediafilter ini berupa tanaman eceng gondok atau tanaman filter lain, seperti melati air, tifa, payung-payungan, dan tumbuhan air daun kupu-kupu.

Penentuan ukuran kolam koi
Ukuran Kolam Koi

Tahap yang satu ini memerlukan ketelitian dan perhitungan yang matang agar kolam yang dihasilkan bisa sesuai dengan rancangan desain. Adapun kedalaman kolam koi yang ideal adalah 1 meter untuk koi berukuran kurang dari 30 cm, sedangkan untuk koi berukuran antara 30-40 cm kedalaman kolam idealnya  1 meter sampai 1,5 meter dan untuk koi berukuran lebih dari 40 cm kedalaman kolam sebaiknya lebih dari 1,5 meter.Selain itu, penentuan ukuran ini juga harus memperhatikan populasi ikan yang akan menempati kolam tersebut. Populasi yang terlalu sedikit menyebabkan ikan kesulitan dalam menemukan makanan.

Penentuan- Ukuran Kolam Koi

Sebaliknya, apabila terlalu banyak menyebabkan ikan berebut makanan dan oksigen. Adapun populasi yang ideal bisa dhitung dengan seekor ikan koi bisa menempati 3 kali ukuran tubuhnya.

Untuk memudahkan proses pembangunan kolam koi, buatlah denahnya dengan detail keterangan ukuran sesuai perhitungan yang sudah dilakukan, juga mempertimbangkan desain kolam ikan yang kamu pilih. Hal ini dilakukan untuk menghindari ketidaksesuaian ukuran kolam koi pada proses pembuatannya.

Teknik Membuat Kolam Koi

Pembangunan kolam koi melalui 3 tahap proses pembuatan. Dimulai dari tahan penggalian tanah, pengecoran dan pemasangan batu bata dan terakhir adalah pengacian atau pemlesteran kolam. Pada proses pertama, penggalian dilakukan berdasarkan ukuran yang sudah dihitung sebelumnya.

Hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah jangan sampai air tanah menyembur dan membasahi lubang galian. Apabila air sudah menyembur padahal galian belum mencapai kedalaman yang seharusnya, maka air tersebut harus disedot dengan pompa agar tetap kering dan memudahkan proses berikutnya.

Pembuatan Kolam Koi


Proses berikutnya adalah pengecoran dan pemasangan batu batu yang baru bisa dilakukan apabila lubang galian sudah benar-benar kering. Proses ini harus dilakukan dengan cepat agar tidak terjadi rembesan air tanah kembali. Kemudian proses terakhir yang harus dilaksanakan adalah pemlesteran atau pengacian kolam.

Tujuan dari pengacian adalah untuk memperhalus kolam agar permukaannya tidak melukai ikan koi. Berbeda dengan dinding, pengacian pada kolam ditambahkan dengan zat merguson sebagai pengeras. Kemudian berikan efoxy untuk menghilangkan kadar zat alkali yang terkandung dalam semen. Terakhir, tambahkan coting sebagai pelapis agar kolam tidak mudah retak.

Stabilisasi kondisi kolam koi
Kolam Koi

Setelah melaksanakan semua proses di atas, kolam koi sudah jadi. Tapi apakah sudah layak pakai? Ternyata kolam koi yang baru jadi belum bisa dijadikan tempat tinggal bagi koi kesayanganmu karena kadar alkali yang masih tinggi dari semen acian kolam.

Biarkan selama 1 minggu pertama dan kuras setiap hari dengan tambahan obat pembunuh jamur dan kutu. Pada minggu kedua sampai ketiga, kolam perlu diberikan probiotik. Barulah pada minggu keempat sampai satu bulan, kolam tersebut bisa dicoba kelayakannya.

Itulah langkah-langkah pembuatan kolam koi yang bisa kamu terapkan di rumah. Jangan lupa siapkan hiasan tertentu di tengah atau salah satu sisi kolam koi untuk menjadi tempat bersembunyi bagi para koi agar mereka tidak mudah merasa stres. Hiasannya pun bisa menggunakan hiasan aquarium.

Teknik membuat filter kolam ikan koi yang baik dan benar

Mengapa harus ada filter di kolam ikan koi? Filter kolam ikan sangat penting bagi kebersihan air. Air yang bersih sangat dibutuhkan ikan koi.

Kolam ikan yang kotor, karena tidak menggunakan sistem filter yang baik akan membuat ikan mudah terserang penyakit.

serangan penyakit ikan koi yang dapat berakibat fatal yaitu hilangnya keindahan warna ikan koi karena memudar, ikan koi menjadi cacat, sampai tahap parah yaitu kematian ikan koi.

PRINSIP DASAR FILTER KOLAM

Di alam, sungai misalnya, kondisi air mengalir membuat air terus menerus mengalir dari mata air yang jernih. Hal ini membuat supply oksigen yang diperlukan oleh ikan senantiasa tercukupi.

Curah hujan dan air terjun juga turut membantu masuknya oksigen ke dalam air.
kolam ikan koi

Ada dua hal yang menjadi sumber pembawa keberuntungan dalam memelihara ikan koi.

Pertama adalah penempatan kolam yang tepat dan yang kedua adalah corak dan warna tubuh koi.

Kedua elemen ini diyakini dapat mendatangkan keberuntungan.

Keberuntungan pun tak hanya bagi pemilik rumah, tetapi juga pada lingkungan di mana kolam ikan berada.

Jumlah ikan koi keberuntungan yang dipelihara juga tidak sembarangan.

Umumnya, berjumlah antara delapan sampai sembilan ekor.

Angka-angka ini mengandung unsur perlambangan.

Delapan dikaitkan dengan kekayaan dan kemakmuran, sedangkan angka sembilan mengandung arti abadi.

Selain angka, air dalam kolam juga meningkatkan chi atau energi positif dalam bangunan yang ditempati.

Air melambangkan sumber kehidupan

Tukang Kolam Ikan Koi MANADO juga melayani pembuatan kolam seperti:
  1. Kolam Minimalis
  2. Kolam Ikan Koi
  3. Kolam Mini Pagoda
  4. Kolam Ornamen
  5. Kolam Tebing
  6. Kolam Parket/Lantai Kayu
  7. Kolam Batu Kali
  8. Kolam Hias Air Mancur
  9. Kolam Relief
Selain mengerjakan Kolam Koi kami juga mengerjakan berbagai macam jenis taman seperti:
  1. Taman Vertikal (Vertical Garden)
  2. Taman Kering
  3. Taman Depan Rumah
  4. Taman Belakang Rumah
  5. Taman Dalam Rumah
  6. Taman Atas Gedung (Roof Garden)
  7. Taman Kota (Urban Garden)
  8. Taman Lapangan
  9. Taman Golf
  10. Taman Bali
  11. Taman Eropa
  12. Taman Jepang
  13. Taman Mediternia
  14. Taman Klasik
  15. Taman Tropis
  16. Taman Modern
  17. Taman Minimalis
  18. dll.
Sebagai pertimbangan, berikut adalah benefit yang akan Anda peroleh ketika menggunakan jasa Tukang Kolam Ikan Koi MANADO


  • Mengutamakan profesionalitas tinggi dan bertanggung jawab pada pekerjaan
  • Tepat dan cepat dalam memberikan solusi serta dalam pengerjaan project
  • Unggul dalam menciptakan karya seni berkualitas tinggi
  • Desain dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan client
  • Ditangani tenaga ahli yang profesional dan kompeten dibidangnya.


Berapa Sih? Biaya Pembuatan Kolam Ikan per (m2)



Untuk harganya sendiri sangat sulit karena ada beberapa faktor yang harus dilihat karena jika tidak jelas pada awalnya nanti di takutkan adanya ketidak puasan dari salah satu pihak maka di perlukan beberapa faktor yang harus tukang ketahui seperti :

Luas area kolam atau ukuran kolam yang akan dibuat
Konsep apa yang mau terapkan dalam pembuatan kolam
Medan dalam pembuatan kolamnya harus jelas
Desain yang ingin di pakai
Kebutuhan yang di perlukan
Nahh dari beberapa konsep diatas maka saya bisa memberikan perkiraan harga dalam pembuatan kolam yang anda inginkan, dengan itu juga meminimalisir misscomunications dengan clietn, karena pada setiap keadaan harga kolam akan berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan anda.


Berikut contoh gambar kolam koi Minimalis Terbaru sebagai refrensi:




































Jenis ikan mas paling populer di indonesia

Ikan Mas Koki merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar populer yang sangat mudah ditemui di Indonesia.

Tak hanya karena tampilannya yang lucu dan cantik, perawatan Ikan Mas Koki yang cukup sederhana menjadikannya primadona ikan hias yang tak boleh dilewatkan oleh para kolektor ikan hias.

Selain memiliki banyak pilihan warna, Ikan Mas Koki juga memiliki berbagai jenis berbeda. Tertarik miliki Ikan Mas Koki hias sebagai salah satu ikan peliharaan di akuarium rumahmu?

jenis Ikan Mas Koki hias yang punya tampilan lucu nan cantik, serta terpopuler


Jenis-jenis Ikan Mas Koki

1. Ikan Mas Ryukin

jenis ikan mas koki
Berasal dari Jepang, Ikan Mas Ryukin adalah ikan mas koki hias yang terkenal akan bentuknya yang lucu. Ciri khas dari Ikan Mas Koki hias ini adalah tubuhnya yang pendek dan memiliki punuk serta sirip yang lebar dan besar.

Ikan Mas Ryukin sendiri tergolong salah satu jenis ikan mas koki hias yang cukup mahal karena memang cukup sulit ditemukan di Indonesia dan kebanyakan masih diimpor dari luar negeri.

2. Ikan Mas Lionhead

jenis ikan mas koki
Ikan Mas Lionhead merupakan salah satu jenis ikan mas koki paling populer di Indonesia. Karakternya yang sangat khas yakni bagian kepala yang dipenuhi gumpalan bak buah berry menjadi daya tarik utama dari ikan mas koki jenis ini.

3. Ikan Mas Koki Black Moor

Jenis ikan mas koki selanjutnya tak kalah terkenal dari jenis ikan mas koki sebelumnya. Ciri khas dari ikan mas koki black moor adalah warna hitam pekat serta bagian mata yang menonjol.

Warnanya yang kontras dari jenis ikan mas koki lainnya membuat ikan mas koki black moor sangat cocok dipelihara bersama ikan mas koki jenis lainnya.

4. Ikan Mas Koki Bubble Eye

Dari namanya saja, Toppers sudah bisa menebak bagaimana penampilan dari jenis ikan mas koki satu ini. Memiliki gumpalan seperti balon air pada bagian bawah matanya membuat ikan mas koki bubble eye terlihat sangat lucu dan menggemaskan.

Meskipun lucu, soal harga ikan mas koki jenis ini termasuk yang cukup mahal

5. Celestial Goldfish

jenis ikan mas koki
Celestial Goldfish atau ikan mas koki jenis celestial adalah ikan mas koki yang juga terkenal karena memiliki mata yang menonjol. Namun, yang membuatnya lebih unik adalah tonjolan mata yang menghadapa ke atas serta tidak memiliki sirip punggung.

Kedua hal ini membuat jenis ikan mas koki ini tak memiliki kemampuan berenang dan penghilatan yang baik.


6. Ikan Mas Koki Fantail

Jenis ikan mas koki selanjutnya adalah ikan mas koki fantail alias ekor kipas yang terkenal akan sirip ekor ganda yang terlihat mengembang. Sekilas ikan mas koki jenis ini terlihat tak berebda dengan jenis ikan mas lainnya.

Hanya saja bagian ekor yang lebih pendek menajadi ciri khas dari ikan mas koki jenis ini.

7. Ikan Mas Koki Shubunkin


Ciri khas dari jenis ikan mas koki satu ini adalah komposisi warna yang lebih kaya, yakni terdiri dari tiga warna yang umumnya terdiri dari putih, oranye, dan juga cipratan pola hitam pada sekujur tubuhnya.

8. Ikan Mas Koki Oranda


Ikan Mas Koki Oranda sekilas terlihat mirip dengan ikan mas koki jenis lionhead, yang menjadi pembedanya adalah bentuk gumpalan yang hanya ada dibagian atas kepala bak konde.

9. Ikan Mas Mutiara


Untuk Toppers yang suka dengan ikan hias yang lucu, jenis ikan mas mutiara adalah jenis ikan mas koki hias yang tepat untukmu.

Memiliki tubuh bulat dan membuntal serta sisik bulat-bulat menonjol bak mutiara menjadikan ikan mas mutiara ini terlihat sangat menggemaskan.

10. Ikan Mas Koki Ranchu

Mas koki Ranchu punya tampilan yang eksotis, dengan memiliki beberapa warna mencolok. Harga yang ditawarkan biasanya cukup terjangkau untuk bisa memiliki ikan cantik ini.

Untuk mengetahui jenis ikan ini, ciri-cirinya yaitu punya tubuh bungkuk, pola sisi mutiara di punggung, dan terdapat jambul di kepalanya.







0 Response to "Jasa Tukang Kolam Ikan Koi Minimalis Di manado"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel