Jasa Tukang Tebing Kolam Ikan Koi Bergaransi Manado

Jasa pembuatan tebing air terjun kolam ikan koi bergaransi harga murah dengan kualitas terbaik


JASA KONTRAKTOR LANDSCAPE DI MANADO | TUKANG TAMAN MANADO | HARGA PEMBUATAN TAMAN DI MANADO | HARGA TAMAN DI MANADO | HARGA TAMAN MURAH DI MANADO | JASA PEMBUATAN LANSCAPE DI MANADO | JASA PEMBUATAN TAMAN DI MANADO|

DZIHAN ALAM akan mewujudkan impian anda, kami akan mengubah tampilan rumah anda dengan melakukan pemasangan tebing kolam ikan koi di rumah anda.




kami akan menghadirkan nuansa alam dengan berbagai konsep kolam ikan koi - tebing kolam koi terbaik yang mampu menimbulkan gemericik air yang seolah-olah akan membawa anda seperti berada di alam bebas.

Pada masa di era tahun 1990 an sampai sekarang seni pembuatan air terjun dengan gabungan dekorasi tebing sempat booming, dimana pada era itu banyak rumah mewah maupun dikomplek perumahan mengaplikasikan model seperti ini. Banyak pula air terjun dikombinasikan dengan relief tiga dimensi, yang mana pola dasar rata rata memakai pemandangan alam tiongkok.

Berikut beberapa gambar tebing air terjun kolam ikan koi/relief 3D sebagai refrensi:






Untuk sekedar berbagi pengalaman bila anda ingin membuat model seperti ini, sedikit akan kami bagi tips membuat tebing dan air terjun.

Pertama adalah buat desain atau sketsa terlebih dahulu, sesuaikan antara bangunan rumah dengan bentuk tebing yang akan dibuat.


  • Ada beberapa karakter yaitu vertikal, horizontal, stalaktit/stalakmit dan campuran, biasanya yang sering digunakan adalah jenis campuran.

  • Untuk karakter dibedakan menjadi kolam formal, semi formal, umum dan khusus yang biasanya untuk ikan mahal seperti koi.

  • Rangka bangunan tebing dan kolam harus kuat, hal ini untuk menghindari keretakan bangunan, daerah pinggir pantai memerlukan rangka lebih rapat karena kondisi tanah labil.

  •  Sekecil apapun kolam yang akan dibuat gunakan filter kolam, fungsi filter dapat menjernihkan air dan mengurangi perkembangan lumut serta membuat air tidak menjadi tua atau berwarna hijau.

  •  Jangan menggunakan tanaman pinggir kolam yang daunnya mudah rontok.Gunakan tanaman yang menjuntai ke kolam untuk menambah estetika kolam.

  •  Untuk tebing disarankan menggunakan bahan alami tanpa cat, hal ini untuk mempertahankan kesan alam di taman

  •  Kedalaman kolam disesuaikan dengan ikan yang dipelihara. Semakin besar ikannya semakin dalam kolamnya.

  •  kolam dibuat seefisien mungkin namun kuat, dengan cara cor dengan tensla/kerikil untuk dasar kolam.-Buatlah filter air dengan luas sepertiga dari luas kolam.

  • Usahakan air terus bergerak 24 jam melalui filter, pompa yang terus menerus dinyalakan justru semakin kuat dan awet, karena pompa berada dalam air.

  • Perhatikan masalah pembuangan air untuk pengurasan, juga arah aliran air disekitar kolam dan taman usahakan mengarah ke pembuangan air atau selokan, ini berguna saat musim hujan agar air tidak masuk kerumah.


Cara Menggunakan Jasa Tukang Tebing Air Terjun Di Kota Manado sulawesi utara dan sekitarnya:


 Jelaskan Desain Konsep tebing kolam ikan koi Seperti Apa Yang Anda Inginkan • Kirimkan Alamat Lengkap Anda Agar Kami Survay Lokasi• Dalam Survai Lokasi Kami Akan Menjelaskan Desain Tebing relief 3d Apa Yang Cocok di Lokasi Anda• Kualitas Tak Perlu Di Ragukan, Kami Siap Survey Lokasi GRATIS...  !!

Hubungi Nomer Telpon Yang Kami Sediakan  📞 081245512533. • Atau Chat Via WhatsApp  081245512533

Berikut Contoh Gambar Tebing Air Terjun Sebagai Refrensi:


































































Jenis dan Fungsi Kolam Ikan Koi
Jenis kolam dibedakan berdasarkan bentuk dari kolam ikan koi, dan terbagi menjadi 4 macam, yaitu :

  1. persegi panjang
  2. bujur sangkar
  3. lingkaran
  4. segitiga

1. Bentuk Persegi Panjang

Kolam berbentuk persegi panjang, umumnya sering kita temukan di masyarakat sebagai kolam pemeliharaan ikan tradisional. Kelebihannya terletak pada sirkulasi air dan penyediaan makanan alami untuk ikan, hal ini karena kolam berbentuk persegi panjang mempunyai pinggiran / sisi yang lebih banyak dibandingkan kolam berbentuk bujur sangkar. Makanan alami ikan (monia, daphnia) lebih banyak tumbuh di pinggiran kolam yang dangkal atau dalam bahasa Jawanya 'Cetek', dibandingkan dengan di tengah kolam yang relatif lebih dalam.

2. Bentuk Bujur Sangkar

Seperti telah dituliskan di atas, kolam berbentuk bujur sangkar ini mempunyai kelemahan dalam hal sirkulasi air dan penyediaan bahan makanan alami ikan. Kolam berbentuk bujur sangkar dapat dipilih sebagai alternatif terakhir karena adanya kelebihan tanah.

3. Bentuk Lingkaran / Bulat

Lima tahun yang lalu, kolam berbentuk bulat tidak lazim dibuat orang. Namun dengan adanya perkembangan budidaya ikan, di Jawa Barat telah dikembangkan kolam air deras yang berbentuk bulat. Kolam ini mempunyai pembuangan air poros di tengahnya. Kolam ikan koi seperti ini kapasitasnya biasanya lebih banyak dan dengan sirkulasi air serta pembuangan kotorannya lebih terjamin. Model kolam semacam ini seluruhannya terbentuk dari pasangan batu kali.

4. Bentuk Segitiga

Sama halnya dengan bentuk kolam yang bulat, kolam berbentuk segitiga biasanya juga terbuat dari pasangan batu kali.

Mendambakan Kolam ikan Koi, Tapi Bingung Harus Mulai Dari Mana?
Anda salah satu penggemar ikan hias, khususnya ikan koi? Bagi kalian penggemar ikan koi pastinya tidak akan bingung lagi untuk membuat sebuah kolam bagi koi-koi kesayanganmu. Tahukah anda bahwa kolam koi bisa mempercantik desain rumahmu?


Kehadiran kolam ikan koi menjadikan rumah anda tampil lebih cantik dan asri. Apalagi jika kolam ikan koi ditambahkan dengan kehadiran berbagai tanaman hijau di sekitar dinding atau model air mancur (water wall) yang dapat membuat mata tertarik untuk melihat kolam koi di halaman rumah. Itulah yang membuat pembuatan kolam koi lebih diminati daripada pembuatan akuarium bagi sebagian orang.

Bagi kalian pemula tentu akan kebingungan dengan proses pembuatan kolam koi. Apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam koi? Bagaimana kolam koi yang aman dan menjamin kesehatan serta tumbuh kembang bagi koi-koi cantik? Kita simak yuk langkah-langkah berikut:

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kolam koi

Memelihara ikan koi memiliki banyak keuntungan, tapi tidak mudah untuk memelihara ikan koi yang dipercaya berasal dari Jepang ini, karena kualitas air kolam koi harus selalu terjaga. Hal ini berhubungan dengan desain dan cara pembuatan kolam koi yang baik. Ikan koi harus ditempatkan di kolam yang besar. Untuk kebutuhan airnya, setiap satu inci ikan berbanding dengan 10 galon air. Hal ini bukan tidak beralasan. Ikan koi akan hidup lama jika berada pada tempat yang airnya terjaga kebersihan dan kualitasnya.


Selain volume air, perlu juga memperhatian pH air kolam koi. Lakukan pengecekan pH air sebelum dan sesudah ikan dimasukkan. Khusus untuk ikan koi pH sekitar 7 merupakan pH yang ideal. Jika pH lebih tinggi dari 7 maka bahaya racun amonia akan semakin rentan terhadap koi. Sementara pH juga dapat anjlok ke 5.5 sebagai akibat aktifitas dari ikan, tanaman dan bakteri. Tentu saja hal ini sangat berbahaya bagi koi.

Besarnya kolam ikan koi sebaiknya disesuaikan dengan kepadatan atau jumlah ikannya. Selain itu, pembuatan saluran pembuangan kolam koi juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Normalnya, pembersihan kolam koi dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Pemilihan lokasi pembuatan kolam koi mempengaruhi kesehatan koi
Bukan hanya desain kolam ikan di rumah saja hal yang perlu diperhatikan, lihat juga apa kolam tersebut akan dibuat di dalam atau luar ruangan, karena hal ini mempengaruhi sinar matahari yang akan diterima oleh si ikan hias tersebut. Kolam koi sebaiknya mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tidak terlalu panas, tapi tidak juga terlalu lembab dan tidak terkena cahaya matahari.


Pencahayaan yang baik pada kolam koi memicu perkembangan maksimal dari koi peliharaanmu. Tapi, efek sampingnya adalah pertumbuhan ganggang atau lumut juga akan pesat sehingga tidak heran jika air kolam cepat berwarna hijau.

Lokasi Indoor Kolam Koi

Kolam koi di dalam ruangan pun harus diupayakan untuk terkena sinar matahari yang cukup. Koi membutuhkan hangatnya sinar matahari minimal tiga jam per hari. Kekurangan cahaya matahari bisa membuat warna pada tubuh koi memudar. Maka dari itu, ciptakan kolam yang cukup terang. Bila kolam ikan berada di dalam ruangan, maka kamu bisa menyinarinya dengan lampu pijar sebagai pengganti sinar matahari.

Perancangan desain kolam koi
Bentuk Kolam Koi

Ada tiga bentuk dasar kolam koi, yaitu persegi, lingkaran atau elips, dan bebas. Bentuk persegi bisa kamu aplikasikan jika kamu ingin menciptakan gaya kolam koi yang formal. Gaya ini cocok sebagai desain kolam ikan minimalis pada ruangan untuk keperluan resmi.

Sementara itu, kolam koi berbentuk lingkaran atau elips cocok untuk rumah bergaya elegan, mewah, tradisional, dan ruangan informal. Terakhir, untuk bentuk bebas, cocok diaplikasikan pada rumah wisata dan penginapan seperti vila dan hotel. Gaya bebas juga cocok untuk rumah dengan nuansa alami pedesaan dan tanah pekarangan rumah yang cukup luas.

Perancangan sistem filtrasi kolam koi
Filter Koal koi

Tujuan dari sistem filtrasi kolam koi adalah mengupayakan agar oksigen dalam air kolam berada dalam jumlah yang cukup untuk kehidupan koi, karena oksigen sangat dibutuhkan untuk proses pencernaan koi. Sedangkan hasil dari pencernaan koi akan menghasilkan kotoran yang mengandung amonia dan bersifat racun bagi tubuh koi. Maka, sistem filtrasi selain untuk menghasilkan oksigen terus-menerus bagi koi, juga untuk membuang zat amonia yang berasal dari pencernaan koi.

Terdapat 2 jenis filter yang bisa kamu pilih untuk diterapkan pada kolam koi, yaitu filter mekanik dan filter biologis. Filter mekanik bekerja dengan cara mengalirkan air ke wadah yang di dalamnya terdapat media penyaring seperti  serbut, kerikil, pasir, saringan sieve, jap-matt, busa atau foam, kapas, atau bahan sikat.

Filter biologis bekerja melalui makhluk hidup lain yang menguraikan kotoran dalam kolam koi. Makhluk hidup yang dapat digunakan sebagai mediafilter ini berupa tanaman eceng gondok atau tanaman filter lain, seperti melati air, tifa, payung-payungan, dan tumbuhan air daun kupu-kupu.



Penentuan ukuran kolam koi
Ukuran Kolam Koi

Tahap yang satu ini memerlukan ketelitian dan perhitungan yang matang agar kolam yang dihasilkan bisa sesuai dengan rancangan desain. Adapun kedalaman kolam koi yang ideal adalah 1 meter untuk koi berukuran kurang dari 30 cm, sedangkan untuk koi berukuran antara 30-40 cm kedalaman kolam idealnya  1 meter sampai 1,5 meter dan untuk koi berukuran lebih dari 40 cm kedalaman kolam sebaiknya lebih dari 1,5 meter.Selain itu, penentuan ukuran ini juga harus memperhatikan populasi ikan yang akan menempati kolam tersebut. Populasi yang terlalu sedikit menyebabkan ikan kesulitan dalam menemukan makanan.

Penentuan- Ukuran Kolam Koi

Sebaliknya, apabila terlalu banyak menyebabkan ikan berebut makanan dan oksigen. Adapun populasi yang ideal bisa dhitung dengan seekor ikan koi bisa menempati 3 kali ukuran tubuhnya.

Untuk memudahkan proses pembangunan kolam koi, buatlah denahnya dengan detail keterangan ukuran sesuai perhitungan yang sudah dilakukan, juga mempertimbangkan desain kolam ikan yang kamu pilih. Hal ini dilakukan untuk menghindari ketidaksesuaian ukuran kolam koi pada proses pembuatannya.

Pembangunan kolam koi
Membuat Kolam Koi

Pembangunan kolam koi melalui 3 tahap proses pembuatan. Dimulai dari tahan penggalian tanah, pengecoran dan pemasangan batu bata dan terakhir adalah pengacian atau pemlesteran kolam. Pada proses pertama, penggalian dilakukan berdasarkan ukuran yang sudah dihitung sebelumnya.

Hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah jangan sampai air tanah menyembur dan membasahi lubang galian. Apabila air sudah menyembur padahal galian belum mencapai kedalaman yang seharusnya, maka air tersebut harus disedot dengan pompa agar tetap kering dan memudahkan proses berikutnya.

Pembuatan Kolam Koi


Proses berikutnya adalah pengecoran dan pemasangan batu batu yang baru bisa dilakukan apabila lubang galian sudah benar-benar kering. Proses ini harus dilakukan dengan cepat agar tidak terjadi rembesan air tanah kembali. Kemudian proses terakhir yang harus dilaksanakan adalah pemlesteran atau pengacian kolam.

Tujuan dari pengacian adalah untuk memperhalus kolam agar permukaannya tidak melukai ikan koi. Berbeda dengan dinding, pengacian pada kolam ditambahkan dengan zat merguson sebagai pengeras. Kemudian berikan efoxy untuk menghilangkan kadar zat alkali yang terkandung dalam semen. Terakhir, tambahkan coting sebagai pelapis agar kolam tidak mudah retak.

Stabilisasi kondisi kolam koi
Kolam Koi

Setelah melaksanakan semua proses di atas, kolam koi sudah jadi. Tapi apakah sudah layak pakai? Ternyata kolam koi yang baru jadi belum bisa dijadikan tempat tinggal bagi koi kesayanganmu karena kadar alkali yang masih tinggi dari semen acian kolam.

Biarkan selama 1 minggu pertama dan kuras setiap hari dengan tambahan obat pembunuh jamur dan kutu. Pada minggu kedua sampai ketiga, kolam perlu diberikan probiotik. Barulah pada minggu keempat sampai satu bulan, kolam tersebut bisa dicoba kelayakannya.

Itulah langkah-langkah pembuatan kolam koi yang bisa kamu terapkan di rumah. Jangan lupa siapkan hiasan tertentu di tengah atau salah satu sisi kolam koi untuk menjadi tempat bersembunyi bagi para koi agar mereka tidak mudah merasa stres. Hiasannya pun bisa menggunakan hiasan aquarium.

Teknik membuat filter kolam ikan koi yang baik dan benar

Mengapa harus ada filter di kolam ikan koi? Filter kolam ikan sangat penting bagi kebersihan air. Air yang bersih sangat dibutuhkan ikan koi.

Kolam ikan yang kotor, karena tidak menggunakan sistem filter yang baik akan membuat ikan mudah terserang penyakit.

serangan penyakit ikan koi yang dapat berakibat fatal yaitu hilangnya keindahan warna ikan koi karena memudar, ikan koi menjadi cacat, sampai tahap parah yaitu kematian ikan koi.

PRINSIP DASAR FILTER KOLAM

Di alam, sungai misalnya, kondisi air mengalir membuat air terus menerus mengalir dari mata air yang jernih. Hal ini membuat supply oksigen yang diperlukan oleh ikan senantiasa tercukupi.

Curah hujan dan air terjun juga turut membantu masuknya oksigen ke dalam air.

kolam ikan koi

Ada dua hal yang menjadi sumber pembawa keberuntungan dalam memelihara ikan koi.

Pertama adalah penempatan kolam yang tepat dan yang kedua adalah corak dan warna tubuh koi.

Kedua elemen ini diyakini dapat mendatangkan keberuntungan.

Keberuntungan pun tak hanya bagi pemilik rumah, tetapi juga pada lingkungan di mana kolam ikan berada.

Jumlah ikan koi keberuntungan yang dipelihara juga tidak sembarangan.


 
Umumnya, berjumlah antara delapan sampai sembilan ekor.

Angka-angka ini mengandung unsur perlambangan.

Delapan dikaitkan dengan kekayaan dan kemakmuran, sedangkan angka sembilan mengandung arti abadi.

Selain angka, air dalam kolam juga meningkatkan chi atau energi positif dalam bangunan yang ditempati.

Air melambangkan sumber kehidupan

Cara Merawat Ikan Koi di Kolam Terbuka Paling Baik dan Benar :

Ikan koi adalah salah satu ikan hias yang sangat banyak diminati masyarakat untuk dipelihara. Hampir semua ikan koi yang ada di rumah-rumah, diisi dengan ikan koi dari berbagai jenis dan juga warna. Ikan koi saat ini juga tidak hanya sekedar menjadi penghias dan penambah keindahan sebuah hunian saja, namun sudah berkembang menjadi sebuah hobi untuk menghilangkan stress dari aktivitas sehari-hari.

Untuk ulasan kali ini, kami akan membahas tentang cara merawat ikan koi di kolam terbuka yang baik dan benar serta tidak hanya mengutamakan penampilan fisik kolamnya saja.

Perhatikan Warna dan Pola Koi

Saat anda membeli ikan koi, maka perhatikan pola serta warna yang ada pada ikan koi tersebut. Koi yang baik akan memiliki tanda seimbang dari warna putih di bagian mulut serta ekor dan juga pola warna yang berbeda di bagian badan.

Pilih Warna Koi Paling Baik

Warna ikan koi yang paling baik selalu mempunyai satu warna pada setiap pola warnanya. Sebagai contoh, jika terbentuk pola putih, maka pola tersebut harus benar-benar berwarna putih tanpa ada campuran warna lain atau dikenal dengan gradasi warna seperti hitam atau merah. Begitu pun sebaliknya, jika pola memiliki warna merah atau oranye, maka pola tersebut juga harus berwarna murni tanpa ada campuran warna lain pada pola tersebut.

Perhatikan Kualitas Koi

Untuk mendapatkan kualitas ikan koi terbaik, maka pilih pola warna yang seimbang pada badan koi dan pola terbaik ikan koi adalah putih, hitam, merah dan juga orange.

Perhatikan Bentuk Badan Ikan Koi

Bentuk badan ikan koi bisa anda lihat dengan jelas saat ikan koi sedang bergerak atau berenang. Ikan koi bisa dibilang sempurna jika seluruh bagian anggota badan lengkap dan meskipun ikan koi memiliki pola yang menarik tetapi ada kekurang anggota tubuh seperti sirip terkulai, hidung yang terlalu masuk atau mancung dan sebagainya maka bisa dikatakan kualitas ikan koi tersebut termasuk buruk.

Jika ada ikan koi betina dengan bagian perut yang besar, maka jangan terburu-buru berprasangka jika ikan koi tersebut cacat sebab bisa saja ikan koi sedang mengandung telur dari perkawinan dengan koi jantan.

Ciri-ciri ikan koi cacat bisa digolongkan kedalam 2 jenis yakni cacat dimana keadaan tubuh tidak sempurna seperti tidak mempunyai sirip, ada bagian sisik yang mengeluoas, bagian salah satu mata cacat atau bahkan tidak ada. Ikan koi dengan jenis cacat ini umumnya dibanderol dengan harga yang murah dan sangat disarankan untuk menghindari ikan koi dengan ciri tersebut.

Sedangkan ciri kedua adalah kurang makan, dimana keadaa bentuk perut ikan koi tidak seimbang seperti membuncit hanya di salah satu bagian sisi atau seperti tanda rongga kecil yang ada di bagian kepala dan ciri ini juga harus dihindari saat anda hendak mmebeli ikan koi.

Pilih Sirip Ikan Koi Sempurna

Cara merawat ikan koi di kolam terbuka juga bisa dilakukan dengan memilih ikan koi yang mempunyai sirip baik yakni sirip sempurna tanpa cacat. Dengan sirip yang indah, tentunya ikan koi semakin terlihat cantik saat berenang di kolam terbuka dan bagian sirip yang paling penting adalah sirip area dada. Jangan sampai anda memilih ikan koi yang memiliki sirip dada cacat yang dikarenakan sakit atau cacat bawaan.

Selain itu, ikan koi yang tidak cukup makan juga akan mempunyai sirip yang kecil di area dada, sirip ekor, sirip anal, sirip punggung dan sebagainya. Oleh karena itu pastikan anda memilih ikan koi dengan bentuk sirip yang sempurna tanpa cacat.
Perhatikan Kadar Oksigen

Kadar oksigen juga menjadi faktor penting untuk memelihara ikan koi. Ikan koi harus selalu mendapatkan kadar oksigen yang cukup setiap saat, sebab jika kadar oksigen kurang maka koi akan stress, sakit dan mati. Umumnya, ikan koi akan mati sesudah sehari sebelumnya terjadi keadaan panas karena kurangnya oksigen dalam air.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, maka buatlah ukuran kolam ikan yang luas, sebab kolam ikan kecil memiliki persediaan oksigen yang juga sedikit dalam cara cara memelihara ikan koi

Beberapa tanda yang bisa dilihat jika koi kekurang oksigen adalah ikan tidak ingin makan sehingga menyebabkan ikan koi semakin lemas kemudian mati. Selain itu, kolam yang kotor karena sisa pakan dan kotoran ikan juga akan mengurangi kadar oksigen di dalam air dan berganti dengan zar beracun yang bisa menyebabkan ikan mati.

Ikan koi yang kekurangan oksigen juga bisa terlihat dari berkumpulnya ikan koi dalam jumlah banyak tepat dibawah pancuran air mancur, air terjun dan juga tempat keluar masuknya air. Tanda yang terakhir adalah ikan koi selalu berenang di permukaan dalam

Menyediakan Tanaman Alami di Kolam 

Tanaman alami seperti alga tidak hanya mempercantik kolam, tetapi juga mempunyai dampak terhadap ikan.

Ikan koi bisa mendapatkan nutrisi alami dari tanaman air yang tumbuh dan dihadirkan di dalam kolam.

 Melakukan Pemeliharaan Filter Air 

Filter air memang dibutuhkan dalam pemeliharaan ikan koi karena ikan ini membutuhkan air kolam yang bersih.

Lakukan pemeliharaan dan membersihkan filter air secara rutin agar air yang ada di kolam selalu jernih







0 Response to "Jasa Tukang Tebing Kolam Ikan Koi Bergaransi Manado"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel